Senin, 08 Agustus 2016

FARMAKOLOGI



Farmakologi adalah cabang ilmu kedokteran dan biologi berkaitan dengan studi dari kerja obat, [1] di mana obat secara luas dapat didefinisikan sebagai buatan manusia, alam, atau endogen (dari dalam tubuh) molekul yang memberikan sebuah efek biokimia dan / atau fisiologis pada sel, jaringan, organ, atau organisme (kadang-kadang kata pharmacon digunakan sebagai istilah untuk mencakup spesies bioaktif andexogenous ini endogen). Lebih khusus lagi, adalah studi tentang interaksi yang terjadi antara organisme hidup dan bahan kimia yang mempengaruhi fungsi biokimia normal atau abnormal. Jika zat memiliki sifat obat, mereka dianggap dapat menyembuhkan penyakitBidang ini meliputi komposisi obat dan sifat, sintesis dan obat desain, mekanisme molekuler dan seluler, organ / mekanisme sistem, transduksi sinyal / komunikasi seluler, diagnostik molekuler, interaksi, toksikologi, biologi kimia, terapi, dan aplikasi medis dan kemampuan antipathogenic. Dua bidang utama farmakologi yang farmakodinamik dan farmakokinetik. Mantan penelitian efek dari obat pada sistem biologi, dan yang terakhir efek sistem biologis pada obat. Dalam arti luas, farmakodinamik membahas kimia dengan reseptor biologi, dan farmakokinetik membahas penyerapan, distribusi, metabolisme, dan ekskresi (ADME) bahan kimia dari sistem biologi. Farmakologi tidak identik dengan farmasi dan dua istilah yang sering bingung. Farmakologi, ilmu biomedis, berkaitan dengan penelitian, penemuan, dan karakterisasi bahan kimia yang menunjukkan efek biologis dan penjelasan fungsi seluler dan organisme dalam kaitannya dengan bahan kimia ini. Sebaliknya, farmasi, profesi layanan kesehatan, yang bersangkutan dengan penerapan prinsip-prinsip belajar dari farmakologi dalam pengaturan klinis; apakah itu dalam peran perawatan pengeluaran atau klinis. Dalam kedua bidang, kontras utama antara keduanya perbedaan mereka antara perawatan langsung pasien, untuk praktik farmasi, dan bidang penelitian ilmu-berorientasi, didorong oleh farmakologi.Cabang Farmakologi

Farmakologi dapat dibagi menjadi berbagai cabang. cabang utama diberikan di bawah ini:

farmakokinetik

Farmakokinetik adalah apa yang tubuh kita lakukan untuk obat. Ini mencakup studi penyerapan, distribusi, metabolisme dan ekskresi obat dan hubungan mereka dengan onset, durasi, dan intensitas efek obat.

farmakodinamik

Farmakodinamik adalah apa obat terhadap tubuh kita. Ini mencakup studi tentang mekanisme kerja obat, hubungan antara konsentrasi obat dan efek terapi dan efek fisik dan kimia obat pada tubuh kita, parasit dan mikro-organisme.

Therapeutics / Pharmacotherapeutics

Ini cabang farmakologi di mana kita menerapkan informasi farmakologi bersama-sama dengan pengetahuan tentang penyakit, untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit.

kemoterapi

Dalam cabang ini, kita mempelajari pengobatan penyakit dengan bahan kimia yang membunuh sel, terutama yang mikro-organisme dan sel neoplastik.

Toksikologi

Dalam cabang ini, kita mempelajari efek samping obat pada tubuh. Ini berkaitan dengan gejala, mekanisme, pengobatan dan deteksi keracunan yang disebabkan oleh zat kimia yang berbeda.

Untuk toksikologi, kriteria utama adalah dosis. Sebuah obat dosis tinggi dapat racun sementara racun dalam dosis rendah dapat menjadi obat.

Farmakologi klinis

Ini adalah penggunaan obat dalam rutinitas klinis. Tujuan utama adalah:
untuk memaksimalkan efek obat
untuk meminimalkan efek samping
untuk menghasilkan data yang optimal untuk penggunaan obat-obatan, dan
untuk mempromosikan penggunaan kedokteran berbasis bukti

Farmasi

Ini adalah cabang farmakologi yang berhubungan dengan studi persiapan, peracikan dan mengeluarkan obat yang berbeda.

pharmacognosy

Ini berkaitan dengan studi tentang sifat obat dalam bentuk mentah atau tidak siap.

pharmacoeconomics

Ini adalah studi tentang faktor-faktor ekonomi mengenai biaya terapi obat, termasuk dampaknya terhadap sistem kesehatan dan masyarakat.

Pharmacogenetics / Farmakogenomik

Ini berkaitan dengan studi variasi genetik yang menyebabkan perbedaan dalam respon obat antara individu-individu yang berbeda.

pharmacoepidemiology

Ini berkaitan dengan studi efek obat pada populasi yang besar. Ini mencakup studi percobaan pada individu yang sehat dan yang sakit dan mengumpulkan pendapat dari dokter meresepkan obat.

Farmakologi komparatif

Ini berkaitan dengan perbandingan obat yang berbeda dari penggunaan yang sama atau berbeda.

Posology

Ini berkaitan dengan studi dosis obat.

Farmakologi hewan

Ini berkaitan dengan sifat yang berbeda dari obat pada hewan.


http://www.getmededu.com/pharmacology-and-its-branches.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar